MEMAHAMI PENELITIAN KAUSAL KOMPARATIF

Authors

  • Najmussaqibah Najmussaqibah Universitas Islam Negeri Antasari
  • Nur Halijah Universitas Islam Negeri Antasari
  • Hilmi Mizani Universitas Islam Negeri Antasari

DOI:

https://doi.org/10.70345/tikar.v1i02.22

Keywords:

Penelitian, Kausal Komparatif, Analisis

Abstract

Penelitian kausal-komparatif adalah pendekatan penting dalam penelitian pendidikan untuk memahami hubungan sebab-akibat antar variabel, terutama dalam situasi di mana eksperimen tidak memungkinkan karena keterbatasan etika, sumber daya, atau kondisi tertentu. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran menyeluruh tentang metode ini, dengan menyoroti relevansinya dalam mengkaji isu-isu pendidikan seperti prestasi belajar, gaya belajar, dan faktor sosial ekonomi. Melalui metode studi pustaka, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis literatur dari berbagai sumber terpercaya untuk memahami konsep, tahapan, kelebihan, dan kelemahan metode kausal-komparatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini mampu memberikan wawasan yang berguna untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi hasil pendidikan. Meski memiliki tantangan seperti keterbatasan dalam mengontrol variabel dan memastikan validitas internal, metode kausal-komparatif tetap relevan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penting dalam dunia pendidikan. Artikel ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi peneliti dalam menerapkan metode ini secara efektif dan memanfaatkannya untuk mendukung kebijakan pendidikan yang lebih baik.

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Najmussaqibah, N., Halijah, N., & Mizani, H. (2025). MEMAHAMI PENELITIAN KAUSAL KOMPARATIF. Titik Karya: Jurnal Sosial Dan Humaniora Kontemporer, 1(02). https://doi.org/10.70345/tikar.v1i02.22