PANDANGAN FILOSOFIS DAN TEOLOGIS: PERKEMBANGAN IPTEK SEBAGAI LANDASAN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.70345/tikar.v2i1.29Keywords:
Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Pendidikan IslamAbstract
Artikel ini membahas perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sebagai landasan pendidikan Islam dari perspektif filosofis dan teologis. Latar belakang permasalahan mencakup pengaruh IPTEK yang pesat terhadap nilai-nilai pendidikan Islam dan kebutuhan mendasar untuk menyelaraskannya dengan prinsip-prinsip Islam. Tulisan ini menjadi upaya integratif untuk menjembatani wacana antara perkembangan IPTEK dan landasan pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif-deskriptif dengan analisis literatur dari sumber-sumber filosofis dan teologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara filosofis, perkembangan IPTEK dapat dijadikan alat untuk memperkuat tujuan pendidikan Islam melalui pemahaman dan pamikiran dasar-dasar keilmuan yang mendalam. Sedang secara teologis, IPTEK perlu dipandang sebagai amanah yang harus dikelola sesuai dengan syariat untuk mencapai kemaslahatan umat. Kesimpulan utama dari kajian ini menyatakan bahwa IPTEK memiliki urgensi tinggi sebagai landasan pendidikan Islam, asalkan penggunaannya didasarkan pada nilai-nilai etika, moral dan syari’at. Urgensi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sebagai landasan pendidikan Islam sangat relevan dalam konteks dunia modern yang terus berubah.